Wujud Zat

          Materi yang mempunyai sifat-sifat khas tertentu disebut zat. Wujud zat dibedakan menjadi tiga, yaitu padat, cair, dan gas. Tiap wujud zat memiliki sifat yang khas seperti berikut.
  1. Zat padat. Tersusun dari partikel-partikel yang jaraknya sangat berdekatan. Gerak partikelnya sangat terbatas, yaitu bergetar dan berputar pada tempatnya. Gaya tarik antarpartikel sangat kuat sehingga zat padat memiliki bentuk dan volume tetap. Contoh: kayu, batu, es, tanah, pasir, besi, tembaga, dan lain-lain.
  2. Zat cair. Tersusun dari partikel-partikel yang berdekatan, tetapi lebih renggang dibandingkan zat padat. Partikel zat cair bergerak bebas dalam kelompoknya dan gaya tarik antarpartikelnya cukuo kuat, tetapi tidak sekuat zat padat. Oleh sebab itu, zat cair mudah berubah bentuk, tetapi volumenya tetap. Contoh: air, alkohol, sirop, kecap, minyak tanah, dan lain-lain.
  3. Zat gas. Susunan partikel gas sangat renggang, bergerak sangat bebas, dan gaya tarik antarpartikelnya sangat lemah sehingga mudah meninggalkan kelompoknya. Bentuk dan volume gas mudah berubah. Gas selalu berusaha memenuhi ruang kosong. Contoh: asap, udara, oksigen, uap air, dan lain-lain.


    *Perbedaan sifat zat.


    *Perbedaan molekul zat.


    Perubahan Wujud Zat

              Melebur, menguap, dan mengkristal (deposisi) adalah perubahan wujud zat yang memerlukan kalor, sedangkan mengembun, menyublim, dan membeku adalah perubahan wujud zat yang melepas kalor.

0 komentar:

Posting Komentar