Besaran Pokok dan Besaran Turunan

          Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki satuan, dan dinyatakan dengan angka. Ada dua jenis besaran, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

          Besaran pokok
adalah besaran dasar yang satuannya ditetapkan secara internasional. Ada tujuh besaran pokok, yaitu panjang, massa, waktu, suhu, kuat arus listrik, jumlah zat, dan intensitas cahaya.

          Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari besaran pokok dengan cara mengalikan atau membagi suatu besaran pokok dengan besaran pokok lainnya. Contoh besaran turunan, yaitu luas, volume, kecepatan, berat, gaya, percepatan, tekanan, usaha, energi, tegangan listrik, daya, dan lain-lain.

          Satuan adalah alat pengukur besaran atau sesuatu yang menyatakan jumlah besaran. Satuan dibedakan menjadi dua, yaitu satuan pokok dan satuan turunan.

          Satuan pokok
adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan nilai besaran pokok dan satuan pokok disebut sebagai satuan sistem internasional (satuan SI).

          Satuan turunan adalah satuan yang digunakan untuk menyatakan nilai besaran turunan. Satuan turunan diturunkan dari satuan pokok. Contoh satuan turunan, yaitu ,/s, m2 , m3, newton, watt, joule, volt, dan lain-lain. Tabel berikut memuat  besaran pokok dan besaran turunan serta satuan pokoknya.


*Tabel besaran turunan.



*Tabel besaran pokok.



0 komentar:

Posting Komentar