TEKS EKSPOSISI TENTANG FUNGSI HUTAN

Hutan adalah paru-paru dunia. Itulah yang sering dikatakan orang-orang. oleh karena itu, hutan sangatlah penting bagi kehidupan. Disinilah tempat tinggal berbagai macam flora dan fauna. Namun, semakin lama wilayah hutan di dunia semakin menyempit. Bukan hanya karena faktor manusia, tetapi juga karena faktor alam. Seperti kebakaran hutan akibat ranting-ranting yang bergesekan. Akan tetapi, manusia lah yang sering menjadi penyebab hutan semakin sempit. Berikut ini akan kita bahas mengenai fungsi hutan.


Fungsi hutan yang pertama adalah sebagai penghasil oksigen. Tumbuhan memerlukan karbon dioksida untuk proses fotosintesis, sedangkan bagi manusia, karbon dioksida berbahaya jika terhirup terlalu banyak. Dengan adanya hutan maka karbon dioksida akan terserap banyak, sehingga udara menjadi bersih dan sehat untuk manusia.

Fungsi hutan lainnya adalah mencegah erosi dan banjir. Air hujan yang jatuh membasahi bumi terus-menerus akan mengikis tanah, sehingga menyebabkan erosi. Jika tanah ditumbuhi oleh pepohonan, akar pohon akan menyerap air. Selain itu, akar pohon pun menjaga agar tanah tidak mudah erosi.

Jadi, marilah bersama-sama menjaga hutan kita yang indah ini !





Sekian dari saya, semoga bermanfaat

1 komentar: