MACAM-MACAM PERANGKAT KERAS


Perangkat Keras Masukan
Perangkat masukan (input device) adalah segala peralatan yang dapat digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. Data tersebut dapat berupa teks, gambar, suara, video dan lain-lain. Contoh :
  • Keyboard : sebuah papan yang terdiri atas tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.
  • Mouse : Mouse adalah hardware yang dihubungkan dengan komputer yang fungsinya sebagai penggerak kursor yang memberikan sebuah perintah masukan atau input pada sistem windows.
Perangkat Keras KeluaranPerangkat keluaran (output device) adalah peralatan yang digunakan untuk menyajikan hasil pemrosesan komputer kepada pemakai, antara lain :
  • Monitor : Suatu perangkat yang dipergunakan untuk menampilkan hasil dari pemrosesan komputer dalam bentuk visual.
  • Printer : Printer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mencetak dokumen, gambar dan dokumen lainnya pada kertas atau bahan cetakan.
  • Speaker : Untuk menyajikan keluaran berupa suara atau audio.
Perangkat Pengolah Data
  • Motherboard : Motherboard atau mainboard merupakan suatu sirkuit board yang memuat komponen-komponen utama komputer seperti CPU, Memori, BIOS, Chipset dan pengontrol komponen lain.
  • Bus : Bus dapat diartikan sebagai tempat lintasan data dari suatu komponen ke komponen yang lain.
  • CPU : CPU (Central Processing Unit) merupakan unit proses yang menjalankan instruksi, mengolahnya, dan melakukan komunikasi. CPU yang disebut juga processor atau microprocessor sering dikatakan sebagai "otaknya" komputer.
  • ROM : ROM (Read-Only memory) adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca dan telah disediakan oleh pabrik pembuat motherboard. Di dalamnya terdapat BIOS (Basic Input Output System) yang merupakan sekumpulan program untuk melakukan tugas-tugas dasar seperti mentransfer data dan mengendalikan peralatan harddisk, keyboard, dan sebagainya.
  • RAM : RAM (Random-Access Memory) adalah jenis memori untuk menyimpan program dan data yang dapat ditulis atau dibaca oleh prosesor. Penyimpanan ini bersifat sementara selama ada aliran listrik. Apabila aliran listrik terputus, maka program atau data yang tersimpan di dalamnya akan hilang. Tiap unit komputer diharuskan mempunyai RAM. Pada komputer generasi sekarang, tempat untuk menampung memori RAM pada motherboard biasa disebut dengan slot memori. Biasanya terdapat lebih dari dua slot memori.
  • Cache Memory : Memori yang ada dalam CPU digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU disebut cache memory. Memori ini mempunyai kecepatan lebih tinggi daripada RAM. Dengan
    menggunakan cache, pemrosesan data dapat dilakukan lebih cepat daripada mengambiI data secara langsung ke RAM.

0 komentar:

Posting Komentar