ARTI KONEKTOR RJ-45 SERTA FUNGSINYA

Pengertian RJ-45
RJ sendiri memiliki berbagai tipe mulai rj 11, rj 25, rj 45, dan lain sebagainya. Di antara tipe-tipe 
register jack atau RJ tersebut. Connector rj45 merupakan tipe yang sering digunakan. Lalu apa itu connector rj45 atau modular plug?
Connector RJ 45 adalah penghubung atau konektor kabel ethernet (bagian jejaring komputer) yang digunakan dalam jaringan. Connector RJ 45 sebagai peralatan dalam jaringan yang demikian populer bisa  digunakan untuk jaringan telekomunikasi maupun jaringan internet. RJ ini merupakan konektor yang sudah terstandar untuk jaringan lokal seperti LAN maupun jaringan lainnya.
Connector rj45 biasanya terdapat pada ujung kabel dari UTP (unshielded twisted pair) yang menghubungkannya ke pemancar penerima (transceiver). Connector rj 45 akan menghubungkan kabel UTP dengan transceiver tadi.
Agar connector RJ 45 atau modular plug bisa digunakan perhatikan warna yang digunakan. Urutan warna tak bisa dipasang atau disambungkan sembarangan. Warna dalam connector RJ 45 biasanya sudah memiliki standar yaitu sesuai standar T568A maupun T568B.
Connector RJ 45 bisa menghubungkan dua atau lebih jaringan. Nah, menghubungkan dua jaringan pemasangan harus menggunakan kabel cross over, sementara jika menghubungakan lebih dari dua jaringan harus menggunakan kabel straight through.

Fungsi Konektor RJ-45
Selain menjelaskan apa itu connector rj45 atau modular plug, di sini akan diurai pula fungsi dari konektor jaringan tersebut. Fungsi utama dari connector RJ 45 atau modular plug adalah menyambungkan kabel UTP dengan pemancar penerima, Komputer, Switch, Patch Panel dan lain-lain. RJ 45 hanya bisa digunakan untuk kabel UTP/STP 4 Pair.
Konektor RJ 45 dan kabel UTP digunakan untuk jaringan komputer yang terkoneksi dengan internet. Misalnya kita yang menggunakan PC atau laptop selain bisa mendapatkan koneksi internet melalui wifi juga bisa menggunakan internet melalui konektor RJ 45 yang ada pada kabel UTP dan tersambung dengan PC/laptop.

Sekian dari saya, Wassalamu alaikum wr. wb.


referensi :
http://www.helenturvey.com

1 komentar:

  1. terima kasih atas sharing ilmunya
    bisa buat referensi blog yang seddang saya buat
    http://www.teorikomputer.com/2012/11/konektor-rj-45.html

    BalasHapus